Kamis, 11 Agustus 2011

wisata pulau kenawa sumbawa barat

Keindahan Wisata pantai Kenawa Kabupaten Sumbawa Barat

Aku terus berlayar
menyebrangi lautan meski panas membakar kulitku
Pulau Kenawa Nusa Tenggara
dan langit yang semakin cerah
membuat Aku akan terus melaju
sampai titik terakhir memberhentikan...........
keringat semakin bercucuran
aku rela demi berlabuh di keindahan alammu..
ombak yang terus menghantamku
ombak pantai yang mengombang-ambing  tapi ku terus melaju
demi mencapai pantai harapan.......


Sunyi. Tak ada kicauan burung, tak terdengar pula deburan ombak besar. Sejauh mata memandang, yang tersaji hanya hamparan padang rumput dan birunya laut, Hanya sejumlah "brugak" terlihat di beberapa sudut pulau

Pantai Kenawa
baruga pesisir pulau kenawa

Pulau Kenawa tak berpenghuni. Tidak ada warga bermukim. hanya wisatawan dan Pepohonan besar tak banyak tumbuh di pulau  utara Kabupaten Sumbawa Barat, NTB, ini, kecuali mangrove (bakau)

Dermaga kayu yang menjulur beberapa meter ke laut di Pulau Kenawa, barangkali menjadi saksi bisu aktivitas tersebut. Kapal-kapal nelayan katanya  hampir setiap hari bersandar di  dermaga itu. Mereka mengantarkan para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Pulau Kenawa.

Pulau Kenawa berada tidak jauh dari pelabuhan penyeberangan Poto Tano, Sumbawa Barat. Pelabuhan ini menghubungkan daerah ini dengan Pelabuhan Kayangan di Pulau Lombok. Untuk menjangkau Pulau Kenawa, wisatawan biasa naik kapal nelayan dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. 
Dermaga Pulau kenawa


Panas terik matahari tak mebakar semangatku untuk berlabuh di pulau itu,  kemillau pasir putih dan bidadari_bidadari yang gentayangan di tepi pantai membuatku semakin terpanah,,,,so sexy
Pulau Kenawa nusa tenggara

Pulau Kenawa seluas 13,8 hektare ini  memiliki panorama mempesona. Di pulau ini kita bisa menikmati indahnya matahari terbit (sunrise) maupun matahari tenggelam (sunset). Bahkan, jika cuaca cerah keanggunan Gunung Rinjani di Pulau Lombok, dapat terlihat jelas.

Perpaduan alam perbukitan, hamparan pantai berpasir putih, padang rumput savanna, serta gradasi warna air laut yang membentang, menjadikan alam Pulau Kenawa begitu indah dan mengesankan. yang takkalah menarik Pulau Kenawa juga memiliki keindahan alam bawah laut. Aneka terumbu karang, berbagai jenis ikan, dapat dinikmati di tempat ini. Aneka tumbuhan mangrove(bakau)  banyak tumbuh pula di pesisirnya

Hanya pada kedalaman 1-2 meter, keindahan alam bawah laut Pulau Kenawa bisa dinikmati. Apalagi sinar matahari yang cerah menyinari kawasan itu sangat membantu menembus permukaan air laut sehingga pemandangan bawah laut terlihat jelas. Perairan di Pulau Kenawa terdapat terumbu karang yang masih alami. Di perairan tersebut juga terdapat puluhan spesies ikan yang banyak tumbuh di sekitar karang.
Keindahan Alam bawah laut Pulau Kenawa


Dari sisi ekonomis, terumbu karang menjadi tempat berkembangbiaknya berbagai jenis ikan dan biota laut sebagai sumber protein bagi manusia. Dari sisi lingkungan, terumbu karang juga berfungsi sebagai pelindung daerah pesisir dari abrasi pantai akibat ombak.

Pulau Kenawa ini adalah aset daerah yang harus dijaga dan diharapkan dapat menjadi obyek wisata alternatif di NTB. Dengan panorama alamnya yang eksotik, suasana yang sejuk, saya sangat yakin suatu saat Pulau Kenawa akan menjadi daerah wisata yang banyak dikunjungi wisatawan," 

1 komentar: